Visual yakni salah satu bab penting dalam branding suatu bisnis sebagai identitas. Bagi sebagian merk, gambaran maskot pun menjadi unsur tak terpisahkan untuk memperkuat identitas dirinya.
Mengenal Ilustrasi dan Maskot

Ilustrasi dan maskot yakni dua hal berlainan, tetapi mempunyai ikatan dan salah satunya ialah cakupan dari bab lainnya. Agar lebih gampang memahami perbedaan dan kaitan keduanya, simak penjelasanya berikut.
Ilustrasi
Ilustrasi adalah sebuah gambar yang menjelaskan suatu ilham maupun cerita meski tidak disokong dengan teks selaku perhiasan atau penjelas. Sebuah ilustrasi yang baik bahkan memungkinkan pengamatnya menyaksikan dan mengerti cerita atau makna yang disampaikan dengan mudah.
Ada beberapa tipe gambaran, yakni:
-
Editorial Illustration
Ilustrasi yang dipakai untuk memperkaya pandangan baru dari teks, biasanya diimplementasikan di buku, majalah, dan sebagainya.
-
Advertising Illustration
Ilustrasi yang dipakai untuk mendukung bahan promosi dengan cara mempesona perhatian sasaran audiens meski tanpa teks.
-
Concept Art
Ilustrasi yang digunakan untuk materi kerja dalam rangka menemukan gambaran yang paling tepat dari suatu situasi kerja; umumnya diimplementasikan dalam film, game, dan sebagainya.
-
Fashion Illustration
Ilustrasi yang digunakan untuk membuat citra pakaian oleh perancang pakaian sebelum memulai proses bikinan. Ilustrasi ini juga kerap dipakai untuk mempromosikan produk.
-
Technical (Scientific) Illustration
Ilustrasi yang dipakai untuk mempersempit pengertian kepada sebuah objek atau gosip.
-
Infographics
Ilustrasi yang dipakai untuk mengerti esensi suatu topik atau pembahasan dengan segera; umumnya digabung dengan teks yang tidak banyak (fokus pada visual).
Maskot
Maskot ialah suatu bentuk, baik berbentukseseorang (insan), binatang, maupun objek lainnya yang dipakai sebagai lambang atas sesuatu. Maskot tidak hanya dalam bentuk gambar atau animasi, tetapi juga bisa diadaptasi ke dalam bentuk konkret seperti kostum.
Pembuatan maskot biasanya didasari oleh keperluan sebuah brand selaku salah satu “representatif” merk di depan target audiens. Selain itu, maskot juga mampu membangun korelasi emosional antara merk dengan target audiens maupun konsumennya.
Ilustrasi dan Maskot
Sebuah maskot mampu menjadi bagian dari gambaran, tetapi tidak terbatas cuma dalam gambaran. Maskot juga dapat “diturunkan” ke dalam beberapa bentuk lainnya, seperti kostum, suvenir, dan lain sebagainya.
Pentingnya Ilustrasi Maskot dalam Sebuah Brand
Banyak merk yang menggunakan ilustrasi maskot di banyak sekali media sebagai identitasnya seperti bungkus produk hingga dalam bentuk yang lebih aktual mirip patung dan kostum sekalipun. Beberapa merk besar yang menerapkan ilustrasi maskot antara lain:
- Quaker Oats
- Cheetos
- Michelin
- Pringles
- KFC
Hingga kini, maskot tersebut masih dipakai. Mengapa demikian? Seberapa penting dan besar dampak gambaran maskot terhadap keberhasilan sebuah merk?
-
Identitas Sebuah Brand
Alasan utama—dan paling utama—keberadaan maskot dalam sebuah branding adalah sebagai identitas. Sebuah maskot dapat dengan gampang memberikan huruf merk tersebut: visi, misi, sampai tone of voice.
Brand yang memiliki identitas pun akan lebih mudah diingat oleh pelanggan. Dengan begitu, lewat seni manajemen yang sempurna pula, maskot mampu mendukung sebuah merk menjadi top of mind konsumen.
-
Meningkatkan Engagement
Dikombinasikan story telling yang sempurna, maskot mampu memajukan engagement dengan pelanggan. Teknik ini pun mampu membangun pengalaman yang lebih utuh antara merk dan konsumen.
Seperti contoh ialah Mickey Mouse yang menjadi salah satu maskot Disneylands. Bagi banyak orang, melihat Mickey Mouse akan membawa kenangan senang ketika pengalamannya mendatangi Disneyland.
-
Meningkatkan Sales
Pada karenanya, maskot dapat menjadi bagian dalam kesuksesan sales. Sebuah studi dari The Moving Picture Company (MPC) melakukan suatu riset dan mendapatkan bahwa penggunaan karakter khusus dalam sebuah campaign mengembangkan profit hampir 41%.
Tentunya, menciptakan gambaran tidaklah gampang. Ada banyak teknik dan pemahaman yang harus dikuasai semoga karya yang diciptakan dapat menyanggupi tujuannya. Tak heran pula jikalau ilustrator pun kerap mendapat penghasilan yang besar dan prospektif atas pekerjaan yang dilaksanakan.
Untuk kamu yang terpesona menjadi ilustrator dan menghasilkan berbagai karya ilustrasi kreatif, Desain Komunikasi Visual alias DKV adalah jurusan studi yang sempurna. Kamu akan mempelajari secara utuh bagaimana membuat suatu karya komunikasi visual yang memasarkan dan menciptakan.
BINUS UNIVERSITY, utamanya BINUS @Bandung juga mempunyai jurusan studi DKV dengan berbagai peminatan yang lebih spesifik untuk mempersiapkanmu meraih karier dengan skill terbaik. Dengan santunan kemudahan, silabus, dan tenaga pengajar terbaik di bidangnya, menjadi bab dari DKV BINUS @Bandung akan mempersiapkanmu jadi ilustrator terbaik yang berdaya saing global.