Vidio, Ott Setempat Yang Siap Bersaing Dengan Pemain Global Di Pasar Indonesia

Vidio, OTT Lokal yang Siap Bersaing dengan Pemain Global di Pasar Indonesia

JAKARTA – OTT atau Over-the-top streaming platform makin marak 5 tahun belakangan ini. Di negara kita sendiri, beberapa OTT platform telah ramai bermunculan. Salah satunya yaitu Vidio, platform setempat Indonesia yang berupaya untuk menarik pengguna dengan menyediakan konten yang relevan dengan budaya lokal, menawarkan pengalaman pengguna yang baik, serta memberikan harga yang berkompetisi.

Vidio dibangun dengan teknologi sebagai dasar yang memungkinkan penyuguhan tayangan bermutu tinggi tanpa hambatan dan juga kendala. Meskipun bersaing dengan layanan streaming global ternama, Vidio tetap berusaha untuk mempertahankan pasar dan menyebarkan bisnis di Indonesia.

Pada hari Rabu, 13 Maret 2024, BINUS University kehadiran Managing Director Emtek, CEO Surya Citra Media & Vidio, Sutanto Hartono, sebagai pembicara dalam Studium Generale di auditorium BINUS @Kemanggisan. Membawakan judul “Local OTT Streaming Hero: Beating Global Giants in Your Own Territory”, Sutanto membicarakan perkembangan teknologi digital dikala ini, termasuk Vidio.

Dalam acara ini, Sutanto menyampaikan bahwa kemajuan industri digital ketika ini menciptakan persaingan bisnis menjadi tanpa batas. Tidak jarang, ini memungkinkan perusahaan global untuk mendominasi di pasar domestik.

Vidio, OTT Lokal yang Siap Bersaing dengan Pemain Global di Pasar Indonesia

Sutanto menambahkan bahwa perusahaan sudah menyadari beberapa tantangan ketika mulai menyebarkan Vidio. Fakta bahwa beberapa konsumen Indonesia masih menolak untuk berlangganan layanan premium merupakan suatu tantangan yang mesti dihadapi. “Kita harus selalu terbuka.Tetapi, kita tetap harus hati-hati agar kita tidak cuma menjadi bangsa yang mengonsumsi. Kalian harus punya idealisme, kreativitas digital, saya yakin itu bisa dikembangkan oleh bangsa Indonesia”, ujar Sutanto.

Untuk menghadapi tantangan ini, Vidio berusaha menyuguhkan konten mempesona yang paling dicari oleh konsumen Indonesia sekaligus membuat mereka agar tetap ingin berlangganan di Vidio. Dalam hal ini, Vidio berupaya menawarkan banyak sekali konten yang mempesona bagi penggunanya. Konten utama Vidio sendiri adalah olahraga dan serial original.

Sutanto memperjelas bahwa olahraga ialah jenis konten yang dapat mempesona konsumen untuk langganan jangka panjang alasannya adalah pertandingan olahraga biasanya berlangsung dalam jangka waktu tertentu sehingga para penggemarnya tak mau melewatkannya.

Sementara itu, konten setempat sendiri sudah dapat memenangkan konten dari beberapa negara di Asia. Karenanya, Vidio bersikeras dan giat menghasilkan konten seri setempat dengan bekerja sama dengan banyak pihak, termasuk kreator, OEM, dan juga perusahaan telekomunikasi.

Membangun Hubungan antara Dunia Bisnis dan Akademik lewat Studium Generale

Dean Faculty of Digital Communication and Hotel & Tourism BINUS University Dr. Yanti, S.Kom.,M.M., yang juga turut hadir dalam program Studium Generale, mengungkapkan bahwa tujuan studium generale ini yaitu untuk membangun relasi antara dunia bisnis dan dunia akademik.

“Studium Generale ini kami selenggarakan tujuannya untuk link and match dengan industri. Sangat penting bagi mahasiswa untuk segera beradaptasi dengan kemampuan yang diharapkan industri sehabis mereka lulus,” tutur Dr. Yanti.

Melalui program ini, tambahnya, siswa dapat mendapatkan info industri modern, termasuk perkembangan yang tengah terjadi, eksklusif dari para hebat dan praktisi mirip Sutanto Hartono.

Dalam program Studium Generale ini, Sutanto juga memberikan sejumlah pesan terhadap para mahasiswa yang sebagian besar berasal dari Fakultas Komunikasi BINUS University. “Kami dapat membangun digital platform yang bersaing dengan platform global lainnya dengan teknologi yang kami miliki,” ujar Sutanto.

Sutanto berharap layanan OTT setempat ke depannya dapat terus menciptakan konten-konten yang bermutu tinggi dan bermacam-macam, berhubungan dengan pasar Indonesia, serta bisa bersaing dengan konten-konten global. Dia juga berharap OTT setempat terus bisa menciptakan fitur-fitur inovatif yang meningkatkan pengalaman pengguna. Dengan ini, industri kreatif setempat yang hendak digerakkan oleh generasi-generasi muda mampu melaksanakan ekspansi ke pasar global dengan kualitas yang konsisten sehingga menjadi pemain utama dalam industri OTT di tingkat internasional.