Tak Tergantikan Oleh Ai, Ini Prospek Karier Creativepreneurship Di Periode Industry 4.0

Menurut laporan CNBC, teknologi AI diperkirakan akan menggantikan sekitar 85 juta pekerjaan pada 2025 mendatang. Kendati demikian, ada satu faktor yang tak mampu digantikan oleh kecerdasan bikinan (AI) maupun mesin, adalah kreativitas insan. Terlebih kalau kreativitas ini dituangkan dalam entrepreneurship. Karenanya, jalur karier bagi lulusan Creativepreneurship masih akan terus terbuka tanpa takut tergantikan oleh AI.

Pilihan Karier Lulusan Creativepreneurship

Creativepreneurship

Lulusan Creativepreneurship tidak cuma akan menemukan pengetahuan teoritis, tetapi juga keterampilan yang berhubungan dengan dunia bisnis ketika ini. Dengan pilihan fokus yang bermacam-macam di jurusan ini, BINUSIAN akan disediakan untuk menghadapi berbagai tantangan di aneka macam sektor kreatif dan bisnis.

Berbekal kemampuan yang diperoleh, lulusan Creativepreneurship punya banyak opsi jalur karier yang menjanjikan, mirip:

1. Entrepreneur

Wirausaha sering dihadapkan pada berbagai tantangan, dan lulusan Creativepreneurship sudah dibekali kesanggupan berpikir kreatif dalam menghadapinya. Mereka dapat mencari solusi yang unik dan berlawanan untuk mengatasi persoalan bisnis. Karenanya, lulusan creativepreneurship punya peluang besar untuk menjadi pebisnis dan merintis bisnis inovatif sendiri. 

2. Business Developer

Lulusan Creativepreneurship juga cocok untuk berkarier sebagai business developer. Pasalnya, bidang kerja ini tidak cuma membutuhkan pemahaman bisnis, namun juga kreativitas. Khususnya dalam mengidentifikasi potensi bisnis yang unik, memahami tren pasar, dan merancang taktik pemasaran yang kreatif.

3. Business Planner

Berbeda dengan Business Developer yang berfokus pada mencari peluang bisnis gres, Business Planner fokus pada perencanaan strategi bisnis jangka panjang, Nah, lulusan Creativepreneurship cocok berkarier sebagai business planner alasannya adalah kesanggupan inovatif mereka dalam mendesain seni manajemen dan ilham-inspirasi inovatif.

Di sisi lain, pemahaman bisnis memungkinkan mereka untuk menyiapkan tindakan yang nyata serta mengorganisir sumber daya dengan efisien.

4. Business Consultant

Lulusan Creativepreneurship bisa memperlihatkan solusi inovatif untuk dilema bisnis yang kompleks. Dengan begitu, mereka mampu menolong klien mereka berpikir out of the box ketika buntu menghadapi hambatan.

Bahkan, mereka juga punya kemampuan untuk menemukan pendekatan kreatif untuk membuatkan bisnis. Berbekal keahlian inilah mereka bisa menolong perusahaan menghadapi pergantian dan mengikuti keadaan dengan dinamika bisnis. 

5. Technopreneur

Berbekal kreativitas dan pemahaman teknologi, lulusan Creativepreneur pun bisa mengikuti jejak technopreneur mirip Elon Musk (SpaceX dan Tesla), Steve Jobs (Apple), dan Mark Zuckerberg (Facebook). Technopreneur sendiri yaitu entrepreneur yang fokusnya untuk membuatkan dan memanfaatkan teknologi.

6. Business Analyst

Seorang business analyst tidak cuma menganalisis data bisnis untuk mengidentifikasi tren dan peluang, tetapi juga menolong pengambilan keputusan strategis. Nah, lulusan Creativepreneurship cocok dengan peran ini alasannya mereka mempunyai kreativitas, fatwa kreatif, serta andal menggunakan data dengan efektif. 

7. E-Commerce Specialist

Seorang e-commerce specialist konsentrasi mengurus bisnis secara online, yang mana pekerjaannya mencakup digital marketing, administrasi platform e-commerce, dan optimisasi konversi. Lulusan 

Creativepreneurship cocok untuk karier ini alasannya adalah mereka paham tren dan dinamika dalam ekonomi inovatif. Dengan pemahaman ini, mereka bisa membuat produk dan kampanye e-commerce yang tepat dengant sasaran audience.

8. Digital Business Specialist

Tugas utama seorang Digital Business Specialist ialah menolong perusahaan mempergunakan teknologi digital untuk memajukan perkembangan bisnis dan daya saing di periode digital. Lulusan Creativepreneurship cocok dengan jalur karier ini alasannya punya kreativitas dan  kompetensi di bisnis dan penjualan. Dengan kemampuan ini, mereka bisa berbagi strategi bisnis digital dan meningkatkan online presence sebuah perusahaan.

Itulah sederet harapan karier lulusan Creativepreneurship. Kaprikornus, meski jutaan pekerjaan diperkirakan akan tergantikan oleh AI, lulusan Creativepreneurship bisa bernapas lega. Berbekal kemampuan kreatif dan penguasaan ilmu bisnis, ada banyak jalur karier menjanjikan yang tak tergantikan oleh AI yang bisa mereka kejar.

Tertarik mengambil jurusan Creativepreneurship? Yuk, gabung dengan BINUS @Bandung. Lulusan program Creativepreneurship akan menemukan gelar Sarjana Bisnis (S. Bns.) dengan konsentrasi membangun bisnis di industri inovatif dan/atau menyebarkan perusahaan berbasis kreativitas. 

Kurikulum BINUS UNIVERSITY didesain untuk mencetak lulusan yang siap terjun dan bersaing di kancah internasional. Dengan adanya program 2+1+1, BINUSIAN berkesempatan mencar ilmu di kampus berlawanan, bahkan menuntaskan studi di mancanegara. Setiap BINUSIAN juga mampu memilih konsentrasi sesuai minatnya, mirip creative ecommerce, creative business, multinational business innovation, serta pilihan multicampus streaming, minor program, atau study abroad.