Marketing communication merupakan istilah yang kerap digunakan dalam dunia bisnis. Istilah ini mengacu pada taktik yang digunakan perusahaan untuk mencapai maksudnya. Meskipun terlihat mudah, peran seorang marketing communication tidaklah sederhana alasannya penerapan strategi dan langkah yang diambil memiliki efek besar bagi pertumbuhan ataupun kemunduran perusahaan.
Sekilas Tentang Marketing Communication
Marketing communication yakni pesan dan media yang berasal dari perusahaan selaku upaya untuk berkomunikasi dengan pasar. Bentuk dari marketing communication cukup bermacam-macam, mulai dari presentasi sales, iklan, pemasaran eksklusif, branding, sponsor, hingga kegiatan online di media sosial. Hal terpenting dari marketing communication yakni pesan tersebut sempurna pada target.
Sebagaimana diketahui, tujuan dari menerapkan marketing communication yakni memengaruhi perilaku, sikap, serta iman konsumen kepada barang atau jasa yang disediakan. Alhasil, penjualan bisa berkembangdan perusahaan bisa membangun hubungan baik yang saling menguntungkan dengan konsumen.
Apabila pemasarannya unik, kemungkinan besar pelanggan kepincut berbelanja produk tersebut. Jika ternyata gagal, hal ini bisa menjadi masukan bagi marketing communication untuk berbenah dan mencari konsep yang dapat menghasilkan pemasaran atau sasaran yang lain.
Mengapa Perusahaan Perlu Menerapkan Marketing Communication?
Pada dasarnya, penerapan marketing communication sungguh penting alasannya adalah hal ini mengisyaratkan bahwa perusahaan tersebut telah mengupayakan taktik pemasaran. Agak berlainan dengan konsep penjualan yang lain, hasil dari seni manajemen marketing communication akan tampak dalam jangka waktu relatif lama. Lantas, apa saja argumentasi penerapan marketing communication begitu diusulkan?
-
Menciptakan Kesadaran Merek
Mengingat tingkat persaingan bisnis begitu tinggi, tak sedikit merek gres yang bermunculan kesulitan mendapatkan kawasan di hati konsumen. Baik perusahaan lama maupun gres, marketing communication dapat digunakan untuk membentuk kesadaran merek sehingga gambaran perusahaan di mata masyarakat meningkat. Misalnya dengan memperkenalkan merek lewat konten atau iklan di media umum.
Marketing communication juga efektif menumbuhkan rasa kepercayaan pelanggan kepada kualitas produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. Makin tinggi tingkat keyakinan pelanggan, makin besar potensi pelanggan setia kepada produk yang kau miliki.
-
Mendorong Terjadinya Penjualan
Berbekal strategi marketing communication yang sempurna, produk yang kau miliki akan lebih diketahui . Iklan persuasif yang terdiri dari wacana manfaat produk atau layanan dibandingkan kompetitor lain menjadi metode paling kerap digunakan.
Konsumen akan mulai mencari tahu info tentang produk yang dijual. Lambat laun, mereka akan kepincut melaksanakan pembelian. Makin banyak produk laku terjual, makin banyak laba yang didapat perusahaan.
-
Meningkatkan Peluang Pembelian Ulang
Marketing communication efektif mendorong pembeli untuk melaksanakan pembelian ulang. Biasanya, seni manajemen ini menggunakan iklan persuasif dengan fokus utama menekankan keunggulan manfaat layanan atau produk dari kompetitor.
Tak sedikit perusahaan dunia yang memperlihatkan sampel produk atau uji coba layanan gratis selama satu bulan. Selama waktu tersebut, pelanggan akan mencicipi manfaatnya dan memikirkan untuk melanjutkan layanan atau pembelian produk. Strategi lain yang juga kerap dipakai yaitu menawarkan reward sesudah melaksanakan pembelian tertentu.
-
Mengubah Pandangan
Marketing communication berperan selaku pengubah persepsi masyarakat terhadap merek ataupun perusahaan. Misalnya: CL dinilai sebagai merek dengan harga jual tinggi karena senantiasa mendatangkan koleksi langsung.
Berkat marketing communication yang sempurna target, perlahan orang-orang akan mengubah pandangan terhadap CL menjadi merek yang masih dapat dijangkau kalangan menengah ke atas. Secara tidak langsung hal ini akan mengembangkan penjualan yang memiliki dampak pada raihan omzet perusahaan.
Mengingat pentingnya marketing communication bagi keberlangsungan perusahaan, ada baiknya kamu mempelajarinya secara mendalam. Caranya mudah, kamu hanya perlu kuliah jurusan Marketing Communication di BINUS UNIVERSITY.
Nikmati masa kuliah yang menggembirakan dengan pertolongan tenaga pengajar profesional yang jago dan kemudahan kampus yang sungguh memadai. Tunggu apa lagi? Segera daftar jadi BINUSIAN dan raih cita-citamu setinggi angkasa!