Untuk mengembangkan pemasaran, pastinya diperlukan marketing communication yang tepat, tergolong di dalamnya brand storytelling yang inovatif serta mempesona. Hal ini berperan sungguh penting untuk membangun relasi emosional antara merk (merek) dan konsumen.
Lantas, apa bekerjsama yang dimaksud dengan merk storytelling dalam marketing communication? Yuk, simak berita lengkapnya berikut ini!
Apa Itu Brand Storytelling dalam Marketing Communication?
Pertama-tama, kamu harus tahu apa yang dimaksud dengan marketing communication. Sesuai namanya, ini yakni salah satu jenis komunikasi yang kerap dipakai dalam pemasaran.
Tujuan marketing communication adalah untuk memasarkan atau mengiklankan produk kepada pelanggan dengan menunjukkan berita yang terang dibarengi undangan persuasif untuk memakai produk tersebut. Dengan demikian, penjualan mampu berkembangdan laba perusahaan pun mampu dilipatgandakan secara optimal.
Nah, adapun salah satu keterampilan sekaligus strategi jitu yang turut menenteng tugas penting untuk menyukseskan marketing communication, adalah kesanggupan merk storytelling. Apa itu?
Brand storytelling adalah penggunaan kisah/narasi tertentu yang bertujuan untuk membentuk/menggiring opini publik hingga mampu menghidupkan emosi kandidat pembeli supaya mereka dapat lebih mengenal produk atau layanan yang disediakan.
Dengan kata lain, merk storytelling merupakan iklan/penawaran khusus yang disampaikan dalam bentuk narasi yang dibungkus secara inovatif dan menarik. Tujuannya, yakni untuk menarik perhatian calon pembeli supaya mereka bisa menyimak isu penawaran khusus hingga final tanpa rasa bosan.
Brand storytelling memungkinkan suatu merek untuk memberikan “kisah” membangkitkan yang tak hanya menggambarkan produk atau layanan, namun juga meliputi nilai, visi, hingga pengalaman yang menginspirasi.
Dengan demikian, pelanggan dapat merasa lebih terhubung dengan merek tersebut. Hal ini sekaligus dapat mengembangkan doktrin mereka sampai balasannya menjadi konsumen setia dengan loyalitas tinggi. Hasilnya, pemasaran pun mampu terus meningkat dan citra perusahaan juga semakin baik.
Pentingnya Brand Storytelling dalam Marketing Communication dan Pengaruhnya kepada Penjualan
Jika ada pertanyaan apakah merk storytelling penting dalam marketing communication, maka jawabannya yaitu “iya”. Mengapa? Sebab, penawaran spesial dalam bentuk brand storytelling lebih bisa membangun hubungan emosional antara konsumen dengan suatu merek.
Menerapkan merk storytelling dapat menciptakan konsumen lebih mengenal suatu merk setelah larut dalam narasi yang diciptakan. Oleh alasannya itu, mampu dikatakan bahwa merk storytelling ialah salah satu taktik jitu dalam marketing communication yang sungguh diharapkan untuk meningkatkan penjualan secara efektif.
Ada beberapa alasan mengapa efek brand storytelling sangatlah besar terhadap penjualan. Pertama, narasi/dongeng yang besar lengan berkuasa nan menawan tentunya mampu menciptakan keterikatan dan koneksi emosional antara merk dengan pelanggan.
Hasilnya, ketika pelanggan sudah merasa terhubung secara emosional, maka mereka condong akan menanamkan keyakinan besar lengan berkuasa untuk berbelanja produk atau layanan yang disediakan.
Selain itu, penawaran spesial berbentuknarasi yang menarik akan sangat meningkatkan daya tarik iklan suatu brand serta kesadaran merek, dan pada risikonya memengaruhi keputusan pembelian pelanggan.
Intinya, merk storytelling dapat membantu pelanggan untuk membedakan merek kau dan merek pesaing dengan menyampaikan hal-hal mempesona, seperti visi, nilai, keunikan, hingga pengalaman yang menginspirasi.
Kaprikornus, secara keseluruhan, merk storytelling yang efektif dalam marketing communication dapat membantu membuat loyalitas, memperkuat brand awareness, dan tentunya mengembangkan penjualan serta keuntungan perusahaan.
Communication – Marketing Communication di BINUS UNIVERSITY
Dunia marketing sungguh menggembirakan bila kau tahu taktik-strategi penting untuk melakukannya. Oleh karena itu, mengenyam ilmu di kursi kuliah seperti BINUS University mampu menjadi langkah sempurna untuk membekali diri kau dengan banyak sekali wawasan serta keahlian yang dibutuhkan dalam bidang ini.
Pasalnya, bagi kau yang kesengsem dengan ilmu komunikasi dan dunia marketing, ada salah satu program andalan di BINUS University yang dapat menjadi pilihan kau, ialah Communication – Marketing Communication.
Ini yaitu suatu jurusan di bawah naungan Ilmu Komunikasi yang mau menolong kamu mempelajari banyak sekali seni manajemen komunikasi yang sempurna untuk pengembangan perusahaan dan brand berkelanjutan (sustainable business and merk).
Dengan kurikulum yang terus berkembang sesuai dengan tren pasar, Communication – Marketing Communication BINUS University memperlihatkan pengalaman belajar yang tidak hanya teoritis, tetapi juga praktikal, sehingga kau bisa eksklusif mengaplikasikan ilmu yang didapat di dunia kerja.
Bagaimana? Sangat menarik, bukan? Yuk, gabung kini juga dan rasakan sendiri pengalaman serumu!