Di kurun revolusi industri 4.0, persaingan bisnis makin sengit. Kini konsumen mempunyai lebih banyak opsi dan mereka juga lebih pintar dalam memilih produk dan layanan yang mereka gunakan.
Oleh karena itu, untuk bisa unggul dalam persaingan bisnis, perusahaan harus lebih dari sekadar memasarkan produk atau layanan. Mereka mesti memadukan bisnis, service, dan teknologi dengan pandai.
Menjalankan Bisnis Lebih dari Sekadar Menjual Produk
Baru-baru ini kita mengamati Pasar Tanah Abang sepi. Penyebabnya tak lain alasannya para pembelinya lebih senang belanja online. Ini yaitu bukti nyata bahwa mengandalkan produk atau jasa yang bagus saja tidak cukup lagi untuk tetap bersaing di pasar yang kompetitif seperti kini ini.
Untuk mampu tetap bersaing, perusahaan harus memahami bahwa bisnis yang mereka tekuni ialah lebih dari sekadar produk fisik atau layanan. Menjalankan bisnis yakni ihwal membangun kekerabatan dengan pelanggan, memahami keperluan mereka, dan memperlihatkan solusi yang relevan.
Oleh alasannya itu, penting untuk mengintegrasikan pelayanan pelanggan yang mumpuni dalam taktik bisnis. Terlebih kalau pelayanan tersebut terintegrasi dengan teknologi terkini.
Pentingnya Teknologi untuk Hadirkan Pelayanan Terbaik
Teknologi memungkinkan perusahaan untuk memanfaatkan big data dalam menggabungkan bisnis dan service. Dengan menganalisis data konsumen secara cermat, perusahaan mampu mengidentifikasi tren, mendeteksi duduk perkara potensial, dan membuat keputusan yang lebih baik.
Data juga dapat membantu perusahaan dalam mendesain strategi penjualan yang lebih efektif. Dengan memanfaatkan teknologi, kau dapat menghimpun data perihal pelanggan. Kemudian, kau mampu menggunakan data ini untuk menawarkan pengalaman yang lebih personal (personalized service).
Misalnya, dengan menganalisis perilaku pembelian konsumen, perusahaan mampu menganjurkan produk atau layanan yang sesuai dengan preferensi mereka.
Di samping itu, customer service yang responsif adalah kunci untuk membangun hubungan jangka panjang dengan konsumen. Bagaimana tidak? Kini konsumen menghendaki respons yang cepat untuk setiap pertanyaan, persoalan, atau keluhan mereka.
Ketimbang harus menanti respons yang lama, pelanggan lebih senang beralih ke pedagang lain yang lebih responsif. Nah, untuk menentukan pelanggan tidak kabur, mau tak mau kau mesti memakai teknologi supaya mampu memberikan pelayanan fast response.
Contoh Teknologi untuk Tingkatkan Pelayanan Pelanggan
Berikut adalah beberapa pola teknologi yang mampu dipakai untuk mengembangkan pelayanan konsumen:
-
Chatbots
Seperti yang disebutkan sebelumnya, pelanggan membutuhkan dukungan yang lebih fast response. Dalam hal ini, chatbots menjadi penyelesaian yang efektif alasannya adalah mampu menunjukkan tanggapan cepat terhadap pertanyaan lazim. Misalnya mirip pelacakan pengantaran atau kebijakan pengembalian barang. Terlebih chatbots aktif 24 jam sehingga konsumen bisa menerima derma kapan saja.
-
Virtual dan Augmented Reality
Teknologi virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) menawarkan penyelesaian dalam memberikan informasi kepada konsumen. Misalnya, jikalau kamu memasarkan mobil, teknologi VR bisa digunakan untuk menawarkan tur virtual 360 derajat di dalam mobil. Dengan begitu, calon pembeli akan punya gambaran yang lebih nyata perihal unit incarannya.
-
Analitik
Data merupakan aset berguna dalam mengembangkan pengalaman konsumen. Dengan analitik data, perusahaan mampu melacak sikap konsumen dan mengidentifikasi masalah atau teladan dalam unek-unek dan umpan balik. Dengan begitu, perusahaan mampu mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dalam perjalanan konsumen.
-
Sistem CRM Terintegrasi
Sistem CRM berfungsi untuk menghimpun, mengorganisir, dan menyimpan data pelanggan. Termasuk di dalamnya adalah gosip kontak, riwayat pembelian, preferensi, dan interaksi sebelumnya dengan perusahaan. Dengan data ini, perusahaan mampu lebih memahami konsumen, bahkan membuat personalized service dengan menunjukkan produk atau layanan yang cocok dengan preferensi mereka.
Dengan memanfaatkan berbagai jenis teknologi ini, perusahaan mampu memajukan service sehingga mempunyai efek nyata pada perkembangan bisnis. Tertarik mendalami business, service, dan technology? Yuk, gabung di BINUS UNIVERSITY @Bekasi, yang berlokasi di Summarecon Bekasi.
Kampus Business, Service, and Technology ini didirikan menjadi pilihan unggulan bagi mereka yang ingin mengejar-ngejar karier di bidang bisnis, layanan, dan teknologi. Terlebih, BINUS UNIVERSITY juga menunjukkan pengalaman internasional lewat bermacam-macam acara baik di dalam maupun mancanegara.
Sebut saja acara (2+1)+1 yang memungkinkan mahasiswa untuk menghabiskan 2 tahun kuliah di kampus asal dan 1 tahun di kampus BINUS di lokasi lain. Adapun di 1 tahun terakhir kala studi, mahasiswa bisa menentukan dari 7 enrichment acara yang bermacam-macam, termasuk study abroad.