Marketing communication ialah ungkapan yang kerap dipakai dalam dunia bisnis. Istilah ini mengacu pada strategi yang dipakai perusahaan untuk meraih tujuannya. Meskipun terlihat mudah, tugas seorang marketing communication tidaklah sederhana alasannya seni manajemen dan langkah yang diambil berpengaruh besar bagi kemajuan ataupun kemunduran perusahaan. Mengapa penting bagi perusahaan untuk menerapkan seni manajemen marketing communication? Berikut ulasannya.
Sekilas Tentang Marketing Communication
Marketing communication adalah pesan dan media yang berasal dari perusahaan sebagai upaya untuk berkomunikasi dengan pasar. Bentuk dari marketing communication cukup bermacam-macam, mulai dari penyajian sales, iklan, penjualan eksklusif, branding, sponsor, hingga kegiatan online di media sosial. Hal paling penting dari marketing communication adalah pesan tersebut sempurna pada target.
Sebagaimana dimengerti, tujuan marketing communication ialah memengaruhi sikap, sikap, serta keyakinan konsumen kepada barang atau jasa yang ditawarkan. Alhasil, penjualan mampu berkembangdan perusahaan bisa membangun hubungan baik yang saling menguntungkan dengan pelanggan.
Apabila pemasarannya unik, kemungkinan besar pelanggan kesengsem membeli produk tersebut. Jika ternyata gagal, hal ini bisa menjadi masukan bagi marketing communication untuk berbenah dan mencari rancangan yang dapat menghasilkan pemasaran atau sasaran lainnya.
Mengapa Perusahaan Perlu Menerapkan Marketing Communication?
Pada dasarnya, penerapan marketing communication sungguh penting alasannya hal ini mengisyaratkan bahwa perusahaan tersebut telah mengupayakan taktik penjualan. Agak berbeda dengan rancangan penjualan lainnya, hasil dari taktik marketing communication akan terlihat dalam rentang waktu relatif lama. Lantas, apa saja alasan penerapan marketing communication begitu direkomendasikan?
-
Menciptakan Kesadaran Merek
Mengingat tingkat kompetisi bisnis begitu tinggi, tidak sedikit merek gres yang bermunculan kesulitan menerima daerah di hati konsumen. Baik perusahaan lama maupun gres, marketing communication mampu dipakai untuk membentuk kesadaran merek sehingga citra perusahaan di mata masyarakat meningkat. Misalnya dengan memperkenalkan merek lewat konten atau iklan di media sosial.
Marketing communication juga efektif menumbuhkan rasa kepercayaan konsumen terhadap kualitas produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. Makin tinggi tingkat akidah pelanggan, makin besar potensi konsumen setia terhadap produk yang kamu miliki.
-
Mendorong Terjadinya Penjualan
Berbekal seni manajemen marketing communication yang tepat, produk yang kau miliki akan lebih diketahui . Iklan persuasif yang terdiri dari perihal faedah produk atau layanan dibandingkan kompetitor lain menjadi metode paling kerap digunakan.
Konsumen akan mulai mencari tahu info perihal produk yang dijual. Lambat laun, mereka akan kesengsem melaksanakan pembelian. Makin banyak produk laris terjual, kian banyak keuntungan yang didapat perusahaan.
-
Meningkatkan Peluang Pembelian Ulang
Marketing communication efektif mendorong pembeli untuk melakukan pembelian ulang. Biasanya, seni manajemen ini menggunakan iklan persuasif dengan konsentrasi utama menekankan keunggulan faedah layanan atau produk dari kompetitor.
Tak sedikit perusahaan dunia yang memperlihatkan sampel produk atau uji coba layanan gratis selama satu bulan. Selama waktu tersebut, konsumen akan merasakan manfaatnya dan menimbang-nimbang untuk melanjutkan layanan atau pembelian produk. Strategi lain yang juga kerap digunakan yakni memperlihatkan reward sesudah melakukan pembelian tertentu.
-
Mengubah Pandangan
Marketing communication berperan sebagai pengubah pandangan penduduk kepada merek ataupun perusahaan. Misalnya: CL dinilai selaku merek dengan harga jual tinggi karena senantiasa mendatangkan koleksi eksklusif.
Berkat marketing communication yang tepat target, perlahan orang-orang akan mengganti pandangan terhadap CL menjadi merek yang masih dapat dijangkau golongan menengah ke atas. Secara tidak langsung, menerapkan strategi marketing communication yang sempurna akan meningkatkan pemasaran yang berefek pada raihan omzet perusahaan.
Mengingat pentingnya marketing communication bagi keberlangsungan perusahaan, ada baiknya kau mempelajarinya secara mendalam. Caranya mudah, kau cuma perlu kuliah jurusan Marketing Communication di BINUS UNIVERSITY.
Nikmati periode kuliah yang menggembirakan dengan sumbangan tenaga pengajar profesional yang ahli dan kemudahan kampus yang sungguh mencukupi. Tunggu apa lagi? Segera daftar jadi BINUSIAN dan raih cita-citamu setinggi angkasa!