6 Usulan Ai Tools Keren Untuk Public Relations

Public RelationsPic by Freepik

Kehadiran teknologi kecerdasan buatan (AI) telah memberikan imbas yang besar di berbagai aspek kehidupan insan, termasuk dalam ranah Public Relations (PR). Beberapa implementasi AI dalam dunia Public Relations mampu dijumpai dalam proses pengelolaan kampanye, analisis sentimen, serta penyusunan rencana komunikasi yang lebih strategis. 

Untuk itu, berikut yakni enam anjuran tool berbasis kecerdasan produksi bagi para profesional di bidang Public Relations.

  1. ChatGPT

ChatGPT ialah suatu tool chatbot dari OpenAI yang bisa sungguh berguna bagi para profesional di bidang Public Relations. Cara pakainya juga gampang alasannya adalah kita cuma perlu memberikan perintah (prompt), dan tool ini pun akan melakukan pekerjaan sesuai instruksi tersebut. Adapun beberapa hal yang mampu ChatGPT kerjakan untuk PR, yakni membantu memperbaiki goresan pena, menyusun draft untuk press release, mengumpulkan ide-wangsit untuk kampanye, serta menyediakan analisis riset biasa .

  1. Brandwatch

Brandwatch ialah tool AI yang sangat memiliki kegunaan untuk kebutuhan media monitoring. Alat ini memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan untuk melacak, menganalisis, dan memantau teks yang menyebut merek Anda. Pemantauan tersebut juga berlaku pada gambar logo atau produk perusahaan.

Dengan Brandwatch, para pekerja PR dapat memilih apakah penyebutan merek dari perusahaan mereka mendapat respons kasatmata, negatif, atau netral. Hal ini tentunya akan sungguh membantu tim PR untuk mengambil respons yang lebih cepat dan sempurna terhadap semua tren atau gosip yang berkembang di media dan penduduk , terutama yang terkait dengan merek perusahaan mereka.

  1. Looka

Looka yaitu suatu tool yang dirancang untuk membantu pengerjaan identitas merek secara menyeluruh, yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Pengguna cukup memperlihatkan rincian atau preferensi warna yang diharapkan, dan Looka dapat dengan cepat membuat elemen-unsur visual yang mendukung identitas mereknya.

Tool ini sungguh berfaedah, khususnya bagi brand atau perusahaan kecil yang sedang merintis perjuangan. Karena dengan sumbangan Looka, proses perancangan identitas merek menjadi lebih cepat dan terjangkau. Dengan demikian, perusahaan kecil jadi lebih gampang untuk memiliki tampilan merek yang lebih profesional dan mempesona.

  1. Canva

Sebagai salah satu tool rancangan grafis yang populer, Canva sudah mengintegrasikan kecerdasan buatan ke dalam platform-nya. Hal itu memungkinkan pengguna untuk menghasilkan gambar menurut teks atau deskripsi tertentu yang diberikan. Fitur canggih ini dapat diakses lewat pilihan Dokumen baru pada antarmuka Canva.

Meskipun hasil gambar dari fitur ini mungkin kerap kali tidak terlalu sesuai dengan keinginan, Canva tetap bermanfaat untuk menggambarkan visual untuk keperluan kampanye. Ini dapat menjadi solusi inovatif untuk mendukung perjuangan PR dalam menghasilkan berbagai wangsit template yang mempesona.

  1. TLDR This

TLDR This ialah tool canggih yang mampu membantu para praktisi PR untuk merangkum teks yang panjang. Namun tentu, keunggulannya bukan cuma itu. Alat ini juga memungkinkan penggunanya untuk melaksanakan ringkasan pada suatu berita atau berita dengan cuma memasukkan URL artikelnya saja. Artinya, pengguna tidak perlu lagi repot menyalin dan menempelkan teks secara manual.

Platform ini juga menawarkan yang namanya fitur Distraction-Free Reading. Fitur tersebut dapat pengguna manfaatkan untuk menghilangkan iklan, popup, dan grafik yang tidak berhubungan untuk membuat ruang baca yang lebih bersih.

  1. Scribbl AI

Tool yang lain adalah Scribbl, yang dapat membantu merekam, menulis transkripsi, dan membuat catatan rapat secara otomatis. Alat ini tentunya bisa menjadi penyelamat bagi semua orang yang tugasnya menciptakan catatan dari hasil rapat, dan mirip diketahui, sebagian besar aktivitas tim PR ialah menghadiri rapat.

Demikian enam tool berbasis AI yang berguna bagi dunia Public Relations. Selain penggunaan tool yang berfaedah, pastinya mengasah wawasan dan skill yang berguna di bidang PR jadi hal yang wajib dilakukan. Terutama kalau Anda memang kesengsem untuk menekuni bidang karier tersebut. 

Sebab itu, pastikan mengambil acara studi Public Relations yang berkualitas, mirip yang ada di BINUS UNIVERSITY @Malang. Melalui kurikulum yang dirancang secara khusus untuk mencetak lulusan yang berkompetensi tinggi, acara studi Public Relations di BINUS UNIVERSITY @Malang merencanakan mahasiswa untuk menjadi individu yang inovatif dan mampu menganalisis aneka macam masalah dalam aspek komunikasi.