3 Peran Desain Pada Abad Digital, Apa Saja?

3 Peran Desain pada Era Digital, Apa Saja?

Era digital lahir saat internet dan media sosial merevolusi cara individu dan bisnis dalam berinteraksi dan berkomunikasi satu sama lain. Di beberapa dekade belakangan, lanskap digital pun sudah berkembang secara signifikan. Hal ini terlihat dari banyaknya kehadiran teknologi, aplikasi, dan platform gres. Perubahan tersebut membuat tugas desain semakin penting di masa serba digital. Setiap bisnis berlomba-lomba menarik minataudiens di dunia digital dengan sesuatu yang menawan dari sisi visual, estetika, dan makna. Bisnis-bisnis bahkan memasukkan nilai-nilai perusahaan mereka dalam karya-karya rancangan digital. Keren, ya?

Ingin tahu lebih banyak lagi seputar peran bidang rancangan di kurun digital? Yuk, simak pembahasan berikut!

1. Desain yang bagus bisa memajukan pemasaran di periode digital

Desain yang baik bukan sekadar estetis. Desain mirip ini mampu mengungguli hati audiens dan mampu menciptakan mereka terus kesengsem, sekalipun audiens cuma bertemudengan merek bisnis melalui perangkat digital.

Sebaliknya, desain yang acak-acakan bisa membuat orang-orang berpaling dari sebuah bisnis. Hal ini alasannya rancangan bisa mengatakan dengan audiens tanpa memakai kata-kata. Jika desain dimanfaatkan secara optimal, ketertarikan audiens terhadap rancangan mampu dikonversi menjadi lonjakan penjualan yang signifikan.

Berikut beberapa contoh yang memperlihatkan tugas desain dalam kenaikan pemasaran di masa digital!

  • Kesan pertama sangatlah penting. Studi memberikan bahwa pengguna internet mampu beropini kepada suatu website hanya dalam waktu 50 milidetik, sebagian besar menurut desainnya. Desain yang faktual akan menciptakan kesan pertama yang bagus sehingga penjunjung bisa singgah lebih lama di situs web dan mampu dikonversi menjadi penjualan.
  • Percaya lewat desain. Menurut studi yang dikerjakan oleh Stanford Web Credibility Project, setengah dari konsumen menilai dapat dipercaya dari suatu bisnis cuma dari rancangan website. Desain yang meyakinkan mampu pribadi memengaruhi keputusan konsumen untuk membeli produk.
  • Gambar dibandingkan dengan teks. Kebanyakan orang hanya mengenang 10 persen isu tiga hari setelah mendengarnya. Namun, ketika gambar yang relevan dipasangkan dengan informasi yang serupa, persentasenya meningkat menjadi 65 persen.
  • Optimasi perangkat mobile. Dengan banyaknya konsumen yang berbelanja lewat gawai, desain yang responsif sungguh diperlukan. Think with Google bahkan menyatakan bahwa “lebih dari 50 persen orang menyampaikan bila mereka tidak menimbang-nimbang untuk berbelanja dari suatu merek dengan desain website mobile yang sungguh buruk”.

2. Desain bisa membuat identitas suatu merek di kala digital

Ambil contoh dari merek raksasa, Apple. Apple menarik perhatian orang-orang lewat rancangan yang bersinergi dengan nilai-nilai dasar yang dimilikinya sehingga membuat identitas yang tak terlupakan. Lewat rancangan beranda situs web Apple saja, kita mampu melihat misi merek tersebut secara terperinci, yaitu kesederhanaan, perhatian kepada detail, dan konsistensi.

3. Desain menyebarkan lapangan pekerjaan di periode digital

Internet menjadi alat super untuk bisnis dan website menjadi jalan utama bagi konsumen di dunia digital untuk mengakses gosip perihal bisnis. Artinya, sungguh penting bagi bisnis untuk memiliki situs web yang mudah dipakai dan mempesona secara visual.

Bidang rancangan pun hadir sebagai solusi bagi para pebisnis. Bersamaan dengan hal tersebut, bidang rancangan memperluas lapangan pekerjaan sehingga makin banyak orang mendapatkan penghasilan dengan cara membantu bisnis membangun kehadiran merek di dunia digital.

Itulah sekilas berita tentang tugas desain di kurun serba digital. Hal-hal berbau visual memang lebih mempesona perhatian ketimbang berlomba-lomba memperbanyak kuantitas. Artinya, orang-orang yang hebat di bidang rancangan akan sangat diharapkan di dunia digital.

Tertarik untuk menekuni bidang rancangan dan menjadi jago? Kuliah saja di fakultas Seni dan Desain di BINUS @Alam Sutera! Kampus bergengsi ini menunjukkan banyak jurusan yang berhubungan dengan bidang desain, mulai dari DKV (Desain Komunikasi Visual), DKV – Animasi, DKV – New Media, DKV – Periklanan Kreatif, Film, hingga Desain Interior.

BINUS @Alam Sutera juga disokong dengan aneka macam kelebihan yang sayang untuk kau lewatkan. Contohnya, pendidikan yang bermutu, kemudahan pendukung kelas atas yang mutakhir, serta banyaknya acara pendidikan pribadi yang mampu diseleksi sesuai minat.

Tunggu apa lagi? Segera daftarkan dirimu ke BINUS @Alam Sutera!